Jasa Pembuatan Website

Selamat datang di forum the design web untuk memahami lebih dalam mengenai website dan mesin pencari google

Featured Memahami Apa itu Plugin Wordpress

Discussion in 'Plugin dan Add-ons' started by abdulrozak, Jun 17, 2017.

  1. Plug-in atau plugin adalah sebuah program komputer yang menambah fungsionalitas sebuah program utama. Program utama biasanya memberikan semacam antarmuka (interface) agar plug-in dapat berinteraksi dengan program utama.

    [​IMG]

    Sebagai contoh, plug-in biasanya digunakan pada web browser untuk memutar video, memindai virus, dan menampilkan jenis file baru. Contoh plug-in yang dikenal adalah plug-in untuk Adobe Flash Player dan Quick Time. Add-on ( Pengaya ) juga sering dianggap sebagai istilah umum yang meliputi snap-ins, plug-ins, extensions, dan themes.

    Dari definisi tersebut bisa diartikan bahwa, Plugin WordPress adalah sebuah program tambahan yang bisa diintegrasikan dengan WordPress untuk memberikan fungsi-fungsi lain yang belum tersedia pada instalasi standar.



    Widget WordPress



    Widget adalah aplikasi kecil yang dapat diinstal dan dieksekusi dalam halaman web oleh pengguna akhir serta memungkinkan pengguna untuk mengubah konten pribadi ke dalam aplikasi web dinamis yang bisa dibagi pada website dimana kode dapat diinstal. Widget biasanya dibuat dalam DHTML, JavaScript, atau Adobe Flash. Widget dapat dipandang sebagai aplikasi download yang terlihat dan bertindak seperti aplikasi tradisional tetapi diimplementasikan dengan menggunakan teknologi web termasuk JavaScript, Flash, HTML ,CSS. Serta penggunaannya tergantung pada web API.

    Maka, Widget WordPress adalah aplikasi yang berdiri sendiri yang dapat tertanam ke situs pihak ketiga ( dalam hal ini bisa wordpress.com atau wordpress.org-selfhosting ) oleh pengguna apapun pada halaman di mana mereka memiliki hak-hak kepengarangan.

    Dari definisi tentang plugin wordpress dan widget terlihat kesamaan di antara keduanya yaitu dari segi fungsionalitas,tapi pada instalasinya widget wordpress ditampilkan di sidebar panel wordpress dan biasanya tanpa harus merubah kode-script. Sedangkan plugin wordpress lebih banyak bekerja di belakang sistem ( background ).
     

Share This Page